Kamis, 19 Agustus 2010

PERKATAAN IMAM ADZ DZAHABI (748 H ) TENTANG KITAB IHYA ULUMUDDIN

Beliau berkata dalam As Siyar An Nubala' jilid 19 hal 339:

- Di dalam (kitab) Al Ihya banyak terdapat hadits yang batil. Selain itu juga terdapat kebaikan yang banyak seandainya tidak dimasukkan di dalamnya adab-adab, perjalanan-perjalanan dan kezuhudan yang berasal dari cara-cara ahli hikmah dan orang-orang sufi yang menyimpang.

Kita memohon kepada Allah ilmu yang bermanfaat. Tahukah engkau ilmu yang bermanfaat itu? Ilmu yang bermanfaat adalah apa-apa yang ada di Al Qur'an dan ditafsirkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam secara lisan atau perbuatan.

Sampai ia berkata:

Hati-hatilah kamu terhadap pendapat para pengikut filsafat, kewajiban-kewajiban (kebiasaan) ahli latihan jiwa (riyadlah), laparnya para rahib dan perkataan-perkataan dari orang yang kurang akal yang suka berkhalwat (menyepi). Setiap kebenaran adalah yang sesuai dengan ajaran Islam yang lurus dan mudah, Ya Allah tolonglah, Ya Allah tunjukkanlah kami kepada jalan-Mu yang lurus.

Beliau rahimahullah berkata juga dalam (kitab) Mizanul I'tidal jilid 1 hal 431 dalam biografi Al Harits Al Muhasibi setelah menukil dari Abu Zur'ah tentang larangannya membaca Kitab-kitab Al Harits, ia berkata:

Bagaimanakah seandainya beliau melihat tulisan-tulisan Abu Hamid Al Ghazali At Thusi dalam Al Ihya yang di dalamnya banyak terdapat hadits-hadits palsu.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar